Articles

Bila PNS Diterapkan Bekerja di Rumah Gajinya Bisa Buat Investasi Loh

2019-08-10 00:21:36 / Team Ellen May Institute

Viralnya pemberitaan mengenai para Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan bekerja di rumah atau di manapun karena pemerintah ingin merujuk sistem ASN 4.0 atau bekerja era “Zaman Now” tanpa harus ngantor membuat sejumlah netizen berkomentar mendukung. Namun, ada juga yang meragukan wacana tersebut karena masih keterbatasan pegawainya yang belum melek teknologi.

Jika pada akhirnya wacana PNS bekerja secara mobile atau di rumah maka banyak manfaat yang didapatkan oleh mereka yang bekerja di pemerintahan. Selain bisa lebih dekat dengan keluarga, gajinya bisa digunakan untuk alokasi investasi karena irit tidak mengeluarkan dana transportasi.

Ini dia investasi yang tepat bagi pekerja nonkantoran dan juga bisa diterapkan oleh PNS bila wacana itu terealisasi, yakni:

1. Saham atau Nabung Saham

Dengan instrumen investasi ini maka kamu bisa memantau pergerakan indeks saham yang dibeli. Tetapi, memilih investasi saham harus memahami dulu secara analisis teknikalnya bila kamu seorang trader yang tertarik untuk berinvestasi jangka pendek. 

Lain halnya kalau kamu seorang investor dan memilih saham untuk berinvestasi jangka panjang, maka analisis fundamental diperlukan. Ketahui dulu kinerja keuangan suatu perusahaan melalui keterbukaan informasi yang selalu dipublis pada website IDX dan juga pemberitaan media.

2. Reksa Dana

Kalau berinvestasi reksa dana tidak membutuhkan waktu untuk mantengin seperti saham. Modalmu cukup disetor ke sekuritas yang dipilih dan manajer investasi nantinya yang akan mengelola danamu.

Misalnya, kamu memilih reksa dana saham, maka tidak perlu repot melihat pergerakannya karena manajer investasi yang mengelola portofolio sahammu. Returnnya bisa mencapai 15-20 per tahunnya. Soal modal, minimal Rp100 ribu sudah bisa berinvestasi pada instrumen ini.

3. Investasi Emas atau Nabung Emas

Seperti kita ketahui harga emas mulai bergerak naik dan paling stabil pergerakan harganya. Apalagi saat ini Pegadaian menawarkan produk tabung emas sebesar 0,001 gram dengan harga terjangkau bagi golongan kelas menengah ke bawah.

Investasi emas sangat cocok bagi investor jangka panjang yang berwacana menjadikan instrumen ini sebagai dana darurat atau kebutuhan lainnya.

 

 



Follow Us

Kememkominfo

Certified by Ministry of Communications and
Informatics of Indonesia

• no. 02372/DJAI.PSE/03/2020 as Electronic
Signature Provider
• SK Kemenkominfo No. 789 Tahun 2019 as
Certi ed Non-Government Institution Electronic
Certificate Provider