Articles

Ada Tiga Tipikal Investor Dilihat dari Profil Risiko, Apakah Kamu Salah Satu Tipikal Tersebut?

2019-08-07 23:29:45 / Team Ellen May Institute

Intermezzo dulu yuk, pengenalan beragam investor yang harus kamu ketahui. Siapa tahu kamu salah satu tipikal dari investor tersebut. Seperti kita ketahui banyak instrumen investasi ditawarkan kepada masyarakat mulai dari reksa dana, saham, properti, emas, serta deposito. Yang saya ketahui, ada tiga tipe investor ditelaah dari segi profil risikonya. Antara lain:

Konservatif (Selow)

Investor konservatif, tipikalnya lebih memilih instrumen investasi jangka panjang, berisiko rendah dan aman, serta stabil. Mereka tidak begitu memikirkan imbal hasil (yield) yang didapatkan, terpenting adalah modal yang diinvestasikan tidak hilang. Biasanya orang seperti ini serupa pemikirannya dengan investor pemula. Orang dengan tipikal ini lebih condong memilih instrumen investasi berupa reksa dana atau nabung emas.

Moderat (Cari Aman)

Tipe investor moderat tidak berbeda jauh dengan konservatif dan tetap memilih instrumen yang aman. Namun, tingkat level untuk investor moderat lebih menantang dan memilih risiko skala menengah. Menyeimbangkan antara pendapatan yang diraih dengan risiko yang diterima.

Selain itu, investor moderat juga memiliki ciri-ciri berhati-hati dalam mengambil keputusan. Orang yang moderat lebih suka dengan instrumen obligasi, Sukuk, reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang.

Agresif (Gas Poll)

Tipikal investor satu ini jangan diragukan lagi dalam memilih instrumen investasi. Karena mereka lebih senang yang menantang dan suka berinvestasi dalam jangka waktu relatif pendek. Mereka selalu berpikiran bagaimana caranya mencari keuntungan dengan cepat dan besar.

Bahkan, investor agresif sudah terbiasa dengan kondisi fluktuatif. Mereka tidak takut modal yang mereka investasikan pada instrumen investasi risiko tinggi. Tak lain, instrumen itu adalah reksa dana saham dan juga saham.

Investor kelas dunia Warren Buffet sendiri bukan tipikal agresif. Dia cenderung seperti konservatif, terkadang juga moderat. Warren Buffet lebih meneliti fundamental suatu perusahaan yang akan dibeli serta condong berinvestasi jangka panjang dibanding waktu singkat. Karena dia tidak terburu-buru dalam mengejar suatu profit. 



Follow Us

Kememkominfo

Certified by Ministry of Communications and
Informatics of Indonesia

• no. 02372/DJAI.PSE/03/2020 as Electronic
Signature Provider
• SK Kemenkominfo No. 789 Tahun 2019 as
Certi ed Non-Government Institution Electronic
Certificate Provider